Selasa, 22 April 2014

Cerita yang luar biasa tentang bagaimana trauma otak dapat mengubah orang biasa menjadi matematika, musik dan seni ahli



Sebagian besar dari kita berharap kita bisa tiba-tiba bangun lebih kaya, lebih tinggi, lebih tipis atau lebih tampan di beberapa titik. Tapi bagi Jason Padgett saat bangun benar-benar  merubah dirinya.
Sebelumnya setelah drop-out sekolah ia bekerja di toko furniture ayahnya, pada usia 31 ia menguasai matematika dan fisika setelah dipukul di kepala saat mengalami penjambretan.
Didiagnosis dengan mengakuisisi sindrom savant, di mana cedera otak membuat orang yang sebelumnya normal menjadi ahli dalam matematika, seni atau musik, Jason, 43, adalah salah satu dari sedikit orang di dunia yang dapat menarik fraktal dengan tangan. Gambar-gambar yang berulang patters geometris dan bisa membawanya minggu hingga berbulan -bulan untuk menyelesaikan.
Saat ini dia bekerja perusahaan yang terkenal. Sementara cedera kepala yang tidak meragukan merupakan sebuah pengalaman traumatis, namun dalam  beberapa kasus hal itu memberikan pencerahan tak terduga.
Youtube
Jason Padgett
Jason Padgett

Perhitungan penanggalan

terpukul di sisi kepala dengan tongkat bisbol saat berusia 10, Orlando Serrell tersingkir dan menyelesaikan permainan.
"Aku tidak memberitahu orang tua saya," katanya, "Karena itu, saya tidak punya perawatan medis atas kecelakaan itu."
Dia menderita sakit kepala selama satu tahun tetapi ketika rasa sakit akhirnya muncul setelah satu tahun Orlando mengalami pukulan tersebut, sekarang ia telah berusia 44, dan tinggal di Virginia, menyadari bahwa ia bisa mengingat hari minggu tanggal tertentu. Dia tidak pernah melakukan kesalahan.
Dia dapat melakukan perhitungan penanggalan yang luar biasa - dari mengetahui berapa hari ada di antara dua tanggal yang diberikan atau berapa kali 12 Maret yang pernah jatuh pada hari Kamis.
Misalnya bertanya kepadanya tentang 11 Februari 1983 dan dia berkata: "Jumat. Saat itu hujan hari itu. Aku membeli pizza dari Domino -. dan Sosis pepperoni "
Orlando Serrell
Orlando Serrell

Lukisan dan puisi

Mantan narapidana penjara Tommy McHugh beruntung untuk bertahan dari pendarahan otak subarachnoid pada tahun 2001 ketika ia berusia 51.
Dia berkata: "Aku terbangun di rumah sakit dan melihat keluar dari jendela untuk melihat pohon itu tumbuh angka. 3, 6, 9. Lalu aku mulai berbicara dalam sajak ... "
Kerusakan frontal dan lobus temporal di otak kiri Tommy, yang meninggal karena kanker pada tahun 2012 berusia 63, dengan dorongan yang luar biasa untuk melukis dan berbicara dalam sajak. Dia menjadi sangat produktif dinding rumahnya di Birkenhead, Merseyside, ditutupi lukisan kanvas telah menjadi terlalu mahal.
"Aku bisa merasakan kewanitaan bagian dalam diri saya," katanya. "Kepalaku penuh dengan sajak dan gambar dan gambar."
ahli saraf Harvard Dr Alice Flaherty, yang mempelajari Mr McHugh, mengatakan perdarahan otak adalah "celah yang memungkinkan ide".
Barcroft Media / Getty Images
Tommy McHugh
Tommy McHugh

Jenius bermain musik klasik

Tony Cicoria, seorang ahli bedah ortopedi, yang disambar petir di sebuah taman pada tahun 1994.
Seorang perawat terdekat menyelamatkan nyawanya dengan CPR dan kesehatan Dr Cicoria kembali normal.
Tapi segera setelah itu ia merasakan dorongan yang tak bisa dijelaskan untuk mendengarkan musik piano klasik dan kemudian memainkannya - meskipun dia tidak pernah punya keinginan untuk memainkan alat musik sebelumnya.
Dia membeli beberapa lembaran musik dan belajar sendiri piano, sebelum mulai menulis potongan yang rumit sendiri.
Dr Cicoria, 62, dari New York, mengatakan: "Aku butuh waktu beberapa minggu untuk mendapatkan lebih dari apa yang telah terjadi. Dan kemudian musik dimulai. Hal pertama yang datang itu hanya keinginan untuk mendengar musik piano. Saya mulai mendengarkan dan saya tidak mempertanyakan semua yang banyak. Itu tak lama setelah itu aku berpikir, 'Saya ingin bisa memainkan musik ini'. "
Youtube
Tony Cicoria
Tony Cicoria

Pengukir

Sebagai balita, Alonzo Clemons menderita cedera kepala traumatis setelah jatuh ke lantai kamar mandi.
dengan IQ hanya 40 dan tidak bisa membaca atau menulis, ia dibesarkan di sebuah rumah untuk orang-orang dengan kesulitan belajar.
Tapi hampir langsung, ia menunjukkan kemampuan luar biasa untuk memahat. Dia membuat model yang rumit hewan menggunakan bahan apa pun yang dia punya, bahkan setelah melihat binatang untuk hanya beberapa saat.
"Dia mulai menggunakan apa saja yang dia bisa untuk memahat seperti sabun," kata ibunya Evelyn Clemmons, "Dia memiliki kebutuhan untuk melakukan itu.
"Pada awalnya saya tidak cukup mengerti, aku ingin dia untuk mencoba hal-hal lain. Tapi dia terus saja. "
Alonzo, 56, dari Boulder, Colorado, didiagnosis dengan mengakuisisi sindrom savant dan telah menghasilkan karya-karya yang telah terjual sebanyak £ 26.000.
Youtube
Alonzo Clemons
Alonzo Clemons

Bahasa

Ketika Ben McMahon ditinggalkan dalam keadaan koma setelah kecelakaan mobil, orang tuanya takut dia mungkin tidak akan bangun.
Tapi seminggu kemudian siswa Australia melakukan bangun - dan mampu berbahasa Mandarin.
"Sebagian besar itu kabur, tapi ketika aku terbangun melihat seorang perawat Cina, saya pikir saya berada di China," kata Ben, 22, yang pernah belajar bahasa di sekolah dasar dan gagal itu.
"Rasanya seperti mimpi. Aku baru saja mulai berbahasa Cina - bahasa itu adalah kata-kata pertama yang keluar dari mulutku ".
Ben akhirnya ingat bahasa Inggris tapi bakatnya tidak pernah meninggalkan dan sekarang ia menggunakannya untuk mencari nafkah sebagai pemandu wisata berbahasa Cina di Australia dan di televisi Au My Gau - Oh My God - televisi berbahasa Cina membantu ekspatriat Cina menetap di Australia.
Ben McMahon
Ben McMahon

Ajaib Musik

Lachlan Connors, dari Denver, Colorado, begitu nada-tuli ia bahkan tidak bisa memainkan lagu anak-anak pada piano, membuat frustrasi ibunya.
Remaja yang senang olahraga ditinggalkan dengan dua gegar otak serius dalam kecelakaan terpisah selama pertandingan lacrosse, ia menderita serangan epilepsi dan halusinasi dan harus berhenti olahraga kontak.
Tapi cedera pemain berusia 17 tahun itu memiliki efek samping yang positif - ia memperoleh keterampilan untuk belajar memainkan alat musik dengan mudah. Para ahli percaya serangan epilepsi nya mungkin sama dengan komposer Frederic Chopin
Dari memiliki "bakat" sebagai seorang anak ia sekarang bermain 13 instrumen termasuk piano, gitar, mandolin, ukelele, dan harmonika.
"Sejujurnya aku berpikir sesuatu harus rewired dan hanya berubah," katanya. "Terima kasih Tuhan itu. Musik adalah hal yang membuat saya bangun di pagi hari.
Youtube
Lachlan Connors
Lachlan Connors

Jenius Matematika

Daniel Tammett menjadi terobsesi dengan angka setelah ia menderita serangan epilepsi di tiga.
Sepanjang sekolah dia memenangkan penghargaan untuk studi, tapi ia tidak memilih sebagai luar biasa. Itu tidak sampai ia berusia 25 bahwa ia didiagnosis dengan sindrom autisme berfungsi tinggi yang memungkinkan dia untuk bekerja di luar perhitungan ke tingkat yang luar biasa dari akurasi.
Dia membacakan pi dari memori ke 22.514 tempat desimal dalam 5 jam 9 menit. Dia juga berbicara 10 bahasa, termasuk Islandia yang ia pelajari dalam seminggu setelah tantangan untuk program televisi.
Luar biasa untuk sebuah autisme Daniel, 35, dapat mengartikulasikan proses dia pergi melalui ketika bekerja di luar perhitungan yang rumit.
Dia berkata: "Ketika saya kalikan angka bersama, aku melihat dua bentuk. Gambar mulai berubah dan berkembang, dan bentuk ketiga muncul. Itulah jawabannya. Ini citra mental. Ini seperti matematika tanpa harus berpikir. "
WikiCommons
Daniel Tammet
Daniel Tammet

Kemampuan musik

Ketika Derek Amato menyelam ke dalam kolam seorang teman pada bulan Oktober 2006, ia tahu bahwa ia telah menyakiti dirinya secepat kepalanya membentur lantai beton.
Dia berkata: "Aku ingat panik diatur dalam bahwa aku tahu aku menyakiti diriku. Aku tahu itu adalah sesuatu yang buruk. "
Derek didiagnosis dengan gegar otak serius, gangguan pendengaran dan sakit kepala. Sepertinya belum kemunduran lain setelah ia menjadi tunawisma setelah kesepakatan bisnis yang gagal pada tahun 2002.
Tapi minggu kemudian, ia melihat piano di rumah temannya dan "ditarik" untuk memainkannya. Ia menjelaskan bahwa ia secara naluriah tahu bagaimana bermain setelah melihat kotak hitam dan putih bergerak dari kiri ke kanan yang meminta jari-jarinya untuk bergerak.
Amato, yang bisa bermain delapan instrumen dan telah merilis dua album, mengatakan: "Ketika orang-kotak hitam dan putih akan pergi, itulah yang tangan saya lakukan. Saya yakin itu semua karena suatu alasan dan itu tugas saya untuk melakukannya dengan benar. "

FacebookDerek Amato